Membuat Permintaan Kebutuhan Pelanggan
Memahami Kebutuhan Pelanggan
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan
adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan
perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar
penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah
untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi
bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara yang efektif untuk melakukan
ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memahami kebutuhan
pelanggan.
Hubungan Pelanggan
Unsur yang paling penting dalam bisnis
adalah konsep hubungan pelanggan. Dalam pendekatan ini, cara terbaik yang harus
digunakan adalah komunikasi dua arah. Tujuan dari hubungan pelanggan adalah
untuk membuat pelanggan merasa dihargai, mengidentifikasi kemungkinan masalah
dan untuk mengetahui kebutuhan yang muncul yang mungkin berguna dalam melayani
pengembangan produk masa depan.
Ketika berhadapan dengan pelanggan, Anda
perlu untuk memulai pembicaraan dan mendorong interaksi. Tanyakan kepada mereka
pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui apakah mereka puas dengan produk atau
jika ada masalah yang mereka alami. Mereka mungkin juga menawarkan saran untuk
membuat bisnis Anda lebih baik.
Komentar pelanggan harus didengarkan,
diperhatikan, dan ditindaklanjuti. Pelanggan yang mengeluh tentang produk atau
jasa hanya berarti bahwa mereka khawatir tentang cara Anda melakukan bisnis dan
mereka ingin Anda untuk memperbaikinya. Selalu terbuka dengan keluhan pelanggan
merupakan tantangan bagi perusahaan untuk tumbuh dan meningkatkan ke arah yang
positif.
Penelitian Pelanggan
Memahami kebutuhan pelanggan dengan
melakukan analisis perilaku konsumen akan membantu perusahaan mendefinisikan
dan menciptakan peluang pasar baru yang pada gilirannya akan memberikan
kontribusi untuk pertumbuhan pendapatan dalam organisasi. Dengan perkembangan
ekonomi yang berubah dengan cepat dan teknologi yang dinamis, pelanggan juga
mengamati perubahan yang cepat dalam selera pribadi dan preferensi.
Tidak seperti masa lalu, pelanggan
semakin sulit untuk diprediksi karena sifat mereka yang sangat dinamis saat
ini. Jadi, perusahaan harus melakukan riset pasar secara reguler dengan data
dan informasi berdasarkan perkembangan tren terbaru. Dengan penelitian, bisnis
Anda akan mampu menghasilkan strategi pemasaran yang baru dan mendapatkan
berbagai informasi penting yang dapat mendorong kemajuan.
Pada dasarnya, kedua jenis penelitian
pelanggan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif ini dilakukan
melalui proses mendalami individu atau diskusi kelompok dengan pelanggan.
Penelitian kuantitatif didasarkan pada penggunaan pertanyaan standar atau
kuesioner survei di mana hasil yang dihasilkan mudah dipelajari atau
dianalisis. Penelitian pelanggan tidak hanya ditujukan untuk pelanggan yang
sudah ada, tetapi juga mencakup target pasar potensial.
Berbisnis dengan Pelanggan
Jika pelanggan Anda merasa mudah untuk
melakukan bisnis dengan perusahaan Anda, maka mereka akan merasa bahwa Anda
tahu apa yang pelanggan Anda butuhkan dan harapkan dari Anda sebagai penyedia
layanan dan produk mereka. Sebagai penyedia layanan handal, staff pada
perusahaan Anda harus memiliki pengetahuan tentang produk dan jasa yang
ditawarkan, serta knowledge management. Pelanggan berharap untuk berinteraksi
dengan orang-orang bisnis yang tahu apa yang mereka lakukan dan produk atau
layanan yang mereka promosikan. Pastikan bahwa seluruh staff perusahaan Anda
terlatih dan dilengkapi dengan pengetahuan produk yang dibutuhkan sehingga
mereka dapat dengan cepat merespon permintaan pelanggan.
Pelanggan menghargai sebuah perusahaan
yang menawarkan mereka pilihan dan alternatif, terutama ketika perwakilan
perusahaan membuat mereka merasa dihargai dan diutamakan, sehingga membuat
pelanggan merasa penting dengan perlakuan khusus.
Sumber : http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
Sumber : http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
0 comments:
Post a Comment